Jumat, 25 Desember 2009

MENGEJAR AZIZ

Tahun 2009 ini, banyak artis pendatang baru yang mewarnai layar kaca. Salah satunya adalah Azis. Ia adalah seorang mahasiswa yang baru saja memasuki dunia hiburan. Azis adalah artis pendatang baru yang langsung disukai masyarakat sehingga Ia mempunyai banyak fans. Hari ini Aziz menjadi bintang tamu dalam suatu acara talkshow.

Presenter : Mari kita sambut artis yang lagi ngetop-ngetopnya di layar kaca, kita panggilkan AZIZ!

Aziz : (Berjalan menuju panggung sambil melambaikan tangan)

Presenter : Ya, Aziz selamat datang di acara talkshow ini, ngomong-ngomong gimana nih kabarnya hari ini?

Aziz : iya terima kasih, saya baik-baik saja mbak

Prensenter : emm oke. Aziz ini kan salah satu artis pendatang baru yang sekarang sangat tenar dan sering terlihat di layar kaca. Dan salah satu Film yang banyak diomongin orang-2 yaitu Maling Monyet. Boleh certain gak awalnya kamu bisa jadi seperti ini?

Aziz : Wah ke masa lalu nih (sambil tertawa). Waktu itu saya ikutan pemilihan model di salah satu majalah ibu kota dan setelah itu saya ikut-ikut casting untuk sinetron dan film-2. Malahan waktu itu sering kali di tolak (sambil tertawa)

Presenter : waah berarti untuk menjadi seterkenal ini kamu berusaha keras juga ya.

Aziz : Pati dong semua yang kita lakukan di awali dengan usaha yang keras

Presenter : oke-oke saya setuju dengan kamu. Selanjutnya saya mau bertanya nih gimana sih perasaan kamu jadi artis terkenal yang di puja-puja para fans? Dan ceritakan sedikitlah tentang kegiatan kamu sehari-hari.

Aziz : Saya sangat senang bisa menghibur para fans dengan talenta yang saya punya. Saya berakting apa adanya tidak ada sesuatu yang saya lebih-lebihkan dan saya berharap masyarakat dapat menerima. Yaaa seperti yang lain saja, setiap hari saya syuting dari pagi sampai malem disamping itu saya tetap tidak meluapakan pendidikan saya, jadwal syuting saya diatur sedemikian rupa supaya tidak bentrok dengan kuliah saya

Presenter : Pendidikan emang sangat penting untuk masa depan ya. Apakah kamu pernah merasa jenuh dengan kegiatan syuting?

Aziz : (diam sejenak) yaaaa bagaimana ya mbak kalau jenuh pasti ada ya, artis-artis yang lain kalo ditanya seperti itu pasti jawabannya sama seperti saya. Tetapi karena ini jalan yang saya pilih ya saya harus konsisten dan saya juga harus mengibur semuanya dengan akting saya.

Presenter : Wah jawaban yang bagus. Oke pertanyaan yang terakhir pertanyaannya agak pribadi ya. Aziz kan sekarang masih muda, ganteng, terkenal lagi udah punya pacar belom?

Aziz : Waduh mbak pertanyaannya pribadi sekali ini (malu-malu) belom kok mbak saya masih single hehe saya lagi nikmatin yang sekarang aja.

Presenter : Pemirsa dengarkan pengakuan Aziz ayo-ayo masih jomblo nih hehehe. Oke terima kasih ya Aziz udah mau datang ke acara talkshow kali ini. Semoga karirnya semakin baik ya.

Aziz : Iya sama-sama mbak

Setelah Acara Talkshow itu Aziz istirahat dibelakang panggung dengan ditemani oleh manajernya.

Aziz : Fiuuhh… capek banget hari ini. Abis ini kemana ya? main ke PI ah..

Manajer : Aziz, abis ini kamu ada jadwal syuting sampe jam 4, terus jam 6 ada talkshow di Trans TV sampe jam 7, Jam 9 ada jumpa fans di Citos, terus … jam 11 ada syuting lagi. Jadi kamu gak boleh kemana-mana ya hari ini jadwal kamu padat banget.

Aziz : What?? Plis deh gue mau refreshing, lo urus deh biar gue hari ini bisa santai dikit.

Manajer : Tetep gak bisa Aziz. Kalo kamu gak menjalani kegiatan di jadwal ini nanti acara jadi berantakan dan semua pihak bakalan marah ke kita karena kamu gak dateng. Dan lagipula kamu sedang tenar jangan berbuat macam-macam dulu kalo gak nanti-

Aziz : nanti gue gak terkenal lagi? Selalu ngomong begitu. Plis satu hari ini aja gue pengen bebas

Manajer : Gak bisa Aziz! Pokoknya sekarang kamu siap-siap saya akan manggil supir untuk ke studio Trans TV.

Aziz : haaaah… oke-oke gue ikutin semua perkataan lo.

Jam 3 pagi akhirnya Aziz sampai di rumah untuk istirahat sampai jam 8 pagi, setelah itu ia ada jadwal syuting lagi. Ketika di kamar ia termenung, melamun, dan memikirkan sesuatu hal yang hebat. Menurutnya ini ide bagus.

Aziz : (Membuka pintu kamar dan langsung berbaring di tempat tidur)Gilaaa hari ini capek banget!

Aziz : (Melamun sambil mengoceh sendiri) Kalo setiap hari gue begini terus, lama-lama gue bias stress nih hemmm gimana kalo gue kabur darisini? Pasti hidup gue bakalan bebas, gak ada beban

Setelah berfikir lama akhirnya ia memutuskannya.

Aziz : Oke. Gue akan kabur dan menghilang dari dunia hiburan. Toh Cuma kehilangan gue aja juga gak apa-apakan

Aziz langsung mengambil handphonenya untuk menelpon neneknya yang ada di kampung.

Aziz : Assalamu’alaikum nek. Ini Aziz cucumu nek… iya he eh… begini nek aziz mau nginep di rumah nenek, boleh gak? Kayaknya sih nginepnya lama nek….. ha? Boleh nek. Waah makasih ya nek besok pagi Aziz langsung kesana ya. Assalamu’alaikum

Jam 7 pagi Aziz sudah bersiap-siap untuk ke rumah neneknya. Ia meninggalkan pekerjaannya untuk sementara. Mungkin juga seterusnya. Ketika ia ingin menaiki mobilnya, handphone Aziz berbunyi. Telepon dari Manajernya. Tanpa berfikir panjang Aziz mengangkatnya dan bilang kalu dia akan pergi jauh lalu langsung mematikan handphonenya.

Di lokasi untuk wawancara Aziz, Manajernya diam terpaku dan bingung harus berbuat apa.

Manajer : (panik) aduuuh Macem-macem aja sih si Aziz. Pakai acara kabur segala, maunya apa sih tu anak? Disini udah banyak wartawan dan fans-2nya yang pengen denger interview dia. Aaaah aku harus berbuat apa nih.

Ketika diam sejenak Manajernya mendapatkan ide dan cara untuk Aziz kembali ke dunia hiburan. Manajernya juga ingin mengalihkan acara yang yang tertunda ini.

Manajer : Selamat Pagi semuanya. Saya selaku Manajer Aziz ingin memohon maaf, untuk hari ini Aziz tidak dapat menghadiri interview kali ini….

Wartawan : Kenapa begitu mbak? Kan acaranya sudah di jadwalkan apalagi kita udah nunggu-nunggu saat ini. Jangan seenaknya membatalkan jadwal dong mbak.

Manajer : Iya saya mohon maaf. Ini di luar kendali saya, Aziz telah memutuskan untuk keluar dari dunia hiburan dan pergi entah kemana.(menghela nafas) Jadi dengan ini, saya Manajer Aziz akan membuat Sayembara yang berisikan “Apabila ada yang menemukan Aziz , maka saya akan memberikan hadiah sebesar Rp. 1 Milyar”

Wartawan : Apakah mbak serius dengan peryataan yang mbak buat ini?

Manajer : Ya saya serius. Mohon yang menemukan Aziz langsung laporkan ke saya

Disaat-saat Manajernya sibuk mengumumkan sayembara. Aziz sudah sampai di kampong neneknya.

Aziz : Assalamu’alaikum nek

Nenek : Wa’alaikumsalam. Wah Aziz akhirnya kamu dating juga sudah nenek tunggu dari tadi loh (tertawa)

Aziz : Maaf nek tadi di jalan macet. Jadi nyampenya agak lama

Nenek : ya sudah tidak apa-apa. Ngomong-ngomong kenapa kamu kesini ziz? Pekerjaan kamu bagaimana itu?

Aziz : Tidak apa-apa nek. Aziz lagi libur kok

Nenek : Oh yoweslah kalau begitu. Rapi-rapi dulu, sudah nenek siapkan kamar untuk kamu

Aziz : oke nek. Aku istirahat dulu ya. Nanti sore aku bantu-bantu nenek deh.

Nenek : yaudah sana istirahat

Di waktu yang sama ada sepasang suami-istri sedang berbincang-bincang tentang keadaan ekonomi mereka sekarang.

Istri : Mas, Aku mau kalung emas ini dong (menyodorkan majalah)

Suami : dek, inget keuangan kita sekarang, buat makan sehari-hari aja susah, kamu malah minta kalung emas

Istri : lagian sih kamu pake dipecat segala sih. Dimana tanggung jawab suami mencari nafkah untuk keluarga?

Suami : Kamu jangan salahin aku terus dong. Kamu sendiri juga kenapa gak kerja? Wanita kan sekarang bias kerja

Istri : Sudah ah aku kesal dengan kamu (pindah ke depan)

Ketika mengganti televise gossip.

Istri : Mas, Mas sini !

Suami : tadi katanya kesel. Sekarang malah manggil-manggil

Istri : Bukan gitu, Mas. Sini lihat tv, ini bakalan merubah hidup kita

Suami : Ah apaan sih? (penasaran)

Istri : Tuh Mas, kita bias kaya kalo nemuin artis top itu. Siapa namanya?

Suami : Aziz!

Istri : Iya Aziz. Hadiahnya 1 Milyar lagi. Gimana Mau mau gak?

Suami : kalo buat masalah uang saya pasti mau dong!

Di suatu rumah kosong tinggalah 2 preman disitu. Mereka sedang bermain UNO berdua.

Preman 1 : Jalan sang!

Preman 2 : Oke (mengeluarkan kartunya) UNO hahaha menang nih gue!

Preman 1 : Aaah… jangan seneng dulu lo (mengeluarkan kartu baru) UNO! Udah lo kalah aja deh

Preman 2 : (mengambil kartu) aaaah… udah ah kalah lagi deh gue. (berjalan ke kursi dan mengambil Koran)

Preman 1 : Lo gak bakalan bias ngalahin gue deh. (merapikan kartu)

Preman 2 : Fal, Fal sini deh ada berita bagus nih

Preman 1 : Berita apa?

Preman 2 : Tentang artis ngetop itu, Aziz

Preman 1 : Yaelah, katanya preman tapi bacaannya gossip (tertawa)

Preman 2 : 1 Milyar Fal, 1 MILYAR!

Preman 1 : Apaan sih? Gue jadi penasaran (menghampiri risang)

Preman 2 : nih lo liat sendiri

Preman 1 : (ekspresi kaget dan gembira) Ih wow!

Preman 2 : Baguskan, kita bias kaya mendadak!

Preman 1 : Betul banget. Tapi kita harus melakukan apa dulu nih?

Preman 2 : Sambil berpikir, lebih baik kita makan dulu supaya otak encer (tertawa)

Preman 1 : Cerdas juga pikiran lu. Yaudah ayo!

Sudah 5 hari Aziz menginap di rumah nenek dan sudah 5 hari juga sayembara itu diumumkan. Aziz merasa sudah bebas dan betah di rumah neneknya.

Nenek : Aziz, ada kue nih. Mau ndak?

Aziz : waah kue apa nih nek (langsung mengambil) emmm enak. Pasti buatan nenek.

Nenek : Iya dong. Walaupun tua-tua gini nenek masih bias buat kue kayak cewek-cewek jaman sekarang hehehe

Aziz : hahaha nenek bisa aja deh. Kue nenek rasanya ngalahin kue yang di toko-toko deh!

Nenek : Oalah berlebihan kamu to le

Aziz : beneran kok nek.

Nenek : ya sudah-sudah habiskan kuenya. Aziz, Kamu sudah 5 hari disini, lama sekali liburnya. Memang tidak ada syuting? Kamu kan sedang terkenal

Aziz : Waaah nenek suka nonton gossip juga ya (bercanda)

Nenek : Gini-gini nenek juga mau tau perkembangan cucu nenek. Gimana to le jawab dulu pertanyaan nenek?

Aziz : (menghela nafas) Sebenarnya Aziz kabur nek. Aziz bosen jadi artis, Aziz capek nek!

Nenek : Itukan pekerjaan kamu? Kenapa bosen to?

Aziz : Setiap hari Aziz harus syuting, wawancara, dari pagi sampe malam begitu terus. Kalo istirahat palingan Cuma 3 jam. Belom lagi kuliah nek.

Nenek : Walah-walah sepertinya kerjaan artis ribet juga ya le. Yoweslah itu kan pilihan kamu, kamu harus menjalankannya.

Aziz : Iya nek. Tapi Aziz pengen bebas dulu sekarang

Nenek : yasudalah kalau mau kamu begitu jalankan saja. Tapi nenek sarankan sih kamu balik lagi dan menjalankan kewajibanmu itu.

Aziz : Nek… Aziz pengen disini dulu

Nenek : yaudah ndak apa-apa. Oh iya, katanya kamu mau bantu nenek? Ke pasar gih beliin nenek wortel, bayem sama kentang yo? Oke.

Aziz : Siap bos! Saya akan segera ke pasar (bercanda)

Nenek : Apa-apaan sih kamu to le (tertawa)

Aziz pun pergi ke pasar dan membeli semua yang dipesankan nenek. Didalam keramaian pasar, ada seseorang dari kejauhan yang menyadari keberadaan Aziz.

Suami : dek, dek ada Aziz! (setengah berteriak)

Istri : hah? Apaan Mas? (membayar belanjaannya lalu menghampiri suaminya)

Suami : Cepetan sini ada Aziz di pasar

Istri : Serius kamu? Mana? (mencari) oh iya waaah 1 Milyar sudah mendekat nih

Suami : Tapi kita jangan langsung menangkap dia. Kita harus mengikuti Aziz dulu supaya tahu dimana dia tinggal

Istri : Wah otak kamu encer juga ya Mas (Memukul pundak)

Suami : Ayo ikutin dia, udah mulai bergerak tuh

Ketika Suami-istri itu mengikuti Aziz, Aziz mengambil Koran yang ada di kios Koran.

Aziz : (kaget) Apa-apaan ini? “Apabila ada yang menemukan Aziz , maka saya akan memberikan hadiah sebesar Rp. 1 Milyar” kata manajernya. Wah dasar manajer gila. Duh harus waspada nih (berlari sambil sesekali menutup mukanya)

Istri : Eh mas dia lari tuh

Suami : Ayo kita kejar dia (berlari)

Akhirnya Aziz sampai di rumah neneknya dengan perasaan takut. Suami-istri itu tetap menguntit dan telah mengetahui tempat Aziz tinggal sekarang. Esok harinya Suami-istri itu kembali ke Tempat Aziz tinggal untuk sementara. Mereka sudah menyiapkan barang-barang untuk menculik Aziz. Tidak lama Aziz keluar untuk menyiram tanaman.

Suami : dek, Aziz keluar tuh. Siap-siap ya!

Istri : Oke deh Mas, aku sudah siapkan obat supaya dia pingsan.

Suami : Siap….. Sekarang!

Aziz : (terkejut dan takut) Waaaah siapa kalian? Mau apa kalian?

Suami : Udah lo diem aja. Sekarang ikut kita, supaya kita kaya raya (tertawa)

Aziz : Oh jadi kalian korban sayembara itu ya. Plis jangan percaya itu.

Istri : Udah lo diem aja. Yang penting kita udah menangkap kamu dan kita serahkan ke manajermu lalu kita bakalan kaya raya berkat lo!

Aziz : (berlari ke dalam)

Suami : (menangkap tangan Aziz) hey mau kemana lo, dek mana obatnya!

Istri : Ini (memberikan saputangan yang sudah dberikan obat tidur)

Suami-Istri tersebut akhirnya mendapatkan yang mereka inginkan. Aziz pun dibawa ke rumah mereka. Mereka langsung menelepon ke Manajernya Aziz bahwa Aziz ada di rumah mereka. Dan ketika mereka sedang menelpon. Aziz berusaha kabur dari rumah itu.

Aziz : (mencari benda tajam) Yak itu beling bagus! (merobek tali yang ditangannya) yes akhirnya terbuka, lewat mana ya? (mencari jalan keluar dan akhirnya ia bias keluar dari rumah itu)

Setelah menelepon.

Istri : Mas, Mas AZIZ KABUR!

Suami : Serius kamu dek (mengahmpiri istrinya) aaaaahh…. 1 Milyar kita hilang deh

Istri : Kejar dong Mas belom jauh

Ketika Aziz lari dengan terburu-buru. Ia menabrak seseorang yang memakai baju hitam-hitam.

Preman 1 : Eh, lo artis top itukan

Aziz : ha? Bukan-bukan

Preman 2 : Iya tau itu si Aziz fal

Aziz : bukan (lari)

Preman 1 : bener kata lo ayo kejar dia

Aziz berlari sampai ke jalan buntu dan ia tidak bias pergi kemana-mana lagi.

Preman 2 : hahaha mau pergi kemana lagi lo. Pasrah aja deh lo sekarang!

Preman 1 : Iya. Lo seneng ya ngeliat kita menderita begini. KITA BUTUH DUIT!

Preman 2 : Lo itu duit kita. Dengan nangkep lo kita bisa jadi kaya mendadak. Lo gak seneng kalo kita bahagia

Aziz : bukan begitu maksud saya bang….

Preman 1 : Abang, abang emang gue tukang bakso!

Preman 2 : Kalo lo gak berontak kita gak bakalan nyakitin lo deh. Kita Cuma butuh 1 MILYAR!

Preman 1 : hahaha Risang kita bakalan jadi kaya nih. Akhirnya makan enak juga!

Preman 2 : hahaha iya kita KAYA RAYA

Aziz : Dasar gila. Awas gue mau pulang!

Preman 2 : eh, jangan macem-macem lo. Sini ikut kita (menarik tangan aziz)

Tiba-tiba ada yang datang.

Suami : WOOOY Orang itu punya gue.

Istri : Tau! Kita yang pertama kali nemuin dia

Preman 1 : Eh, lo berdua diem aja deh. Sekarang udah ada di tangan kita

Suami : lah gak boleh gitu dong. Siapa cepat dia dapat. Ya kan dek?

Istri : Iya, sini balikin Aziz. GUE MAU KAYA NIH

Preman 2 : Eh kita juga perlu duit nih. Emang lo doing. Lagipula kalian keliatannya udah punya banyak duit.

Preman 1 : Kita ini gelandangan. Gak kasian apa sama kita.

Suami : Kita juga lagi gak punya duit tau. Kita butuh duit sekarang. Udah gak usah lama Aziz buat kita aja

Preman : 2 Enak aja. Pokoknya buat kita.

Setelah sekian lama berebut Aziz.

Aziz : WOOOOY DIEEMM! Berisik tau (keadaan langsung sepi) mendingan gue pulang aja sendiri. Udah ah pusing gue denger lo semua berantem. (pergi begitu saja)

Sumai,Istri,Preman 1,preman 2 : WOOOOY JANGAN PERGI

Akhirnya tidak ada satupun yang mendapatkan Aziz untuk uang senilai 1 Milyar. Aziz pun pamit ke neneknya untuk kembali pada kewajibannya sebagai artis.

Aziz : Nek, kayaknya Aziz balik aja deh

Nenek : Lah kenapa to le?

Aziz : Aziz sadar kalo selama ini Aziz salah, seharusnya Aziz bertanggung jawab atas pekerjaan aziz

Nenek : Oh baguslah kalau kamu mau berfikir seperti itu. Kapan kamu pulang le?

Aziz : Sekarang Aziz pamitnya nek. Maa ya nek, udah gak ada lagi yang ngebantuin nenek di rumah hehehe

Nenek : ndak apa-apa to le. Pokoknya kamu jangan gini lagi ya

Aziz : Iya nek

Sesampainya di rumah, Aziz langsung menemui Manajernya

Manajer : Aziz, kamu kemana saja?

Aziz : Gue abis refreshing. Bosen disini terus

Manajer : Kamu jangan seenaknya menghilang dong karena kamu gak ada. Jadwal jadi berantakan

Aziz : Lo mikirnya Jadwal syuting mulu BOSEN GUE DENGERNYA!

Manajer : Ya itu emang tugas kamu sebagai Artis, harus professional!

Aziz : Yaudah, emang itu kewajiban gue. Tapi plis lo atur sedikit jadwal gue buat bebas. Kalo gue gini terus gue bias stress tau! COBA LO JADI GUE! EGOIS BANGET SIH LO!

Manajer : (kaget) Aziz…. Saya gak nyangka kamu bakalan semarah ini. Oke saya akan dengerin semua yang kamu pengen. Maaf ya Aziz selama ini saya sudah egois.

Aziz : Ya sudah saya maafkan

Akhirnya Manajernya mengerti perasaan Aziz. Ia tidak akan egois lagi dan akan selalu mendengar semua yang diinginkan Aziz. Esok harinya, Aziz memulai aktivitasnya tanpa beban.

Wartawan : Hai Aziz, kemana saja kamu selama kurang lebih 1 minggu ini?

Aziz : Gak, saya hanya berlibur untuk mencari inspirasi baru.

Wartawan : Lalu apa tanggapan kamu tentang Sayembara?

Aziz : Sayembara? Sayembara apa? Maaf mbak, Saya harus buru-buru. Terima kasih.

Wartawan : (menyodorkan mike ke Manajernya) Wah bagaimana ini mbak tolong jelaskan tentang sayembara itu?

Manajer : hah? Apaan sih? Sayembara? Zaman sekarang masih main sayembara (tertawa dan langsung pergi)

Wartawan : Apaan sih mbak, pura-pura gak tau! Dasar Artis dan manajer sombong

Kehidupan Aziz menjadi normal. Ia tidak pernah merasa terbebani oleh semua pekerjaannya. Manajernya pun sadar akan keegoisannya dan Ia berjanji akan merubah sikapnya itu. Kita dapat memetik 2 pesan dari kisah ini bahwa “Jangan pernah melepaskan tanggung jawab yang kita jalani” dan yang kedua “Egois adalah sikap dimana kita merasa diri kita yang paling benar dan tidak pernah memikirkan perasaan orang lain, sikap itu sangat tidak baik dan harus dihindarkan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar