Jumat, 20 November 2009

SI ALUNG DAN BONANG

Alung adalah mahasiswa yang masih labil dan menikmati keremajaannya,namun setiap kelakuan dan sikap yang dibuatnya hanya dianggap sebagai sarana hiburan untuknya,tapi tidak melihat orang lain apa dia sakit hati atau tidak atas perkataan dan sikapnya.Namun alung termasuk anak yang nakal karena berani dan tidak takut adanya dosa.Tetapi bonang adalah anak yang memiliki kelatarbelakangan yang sangat berbeda dengan alung.


Suatu hari alung pergi berangkat ke sekolah dari rumah.

Alung : mam,aku berangkat ya,tapi kayanya bensin mobil aku habis tuh,jatah uang ku bulan ini juga belum keluar,gimana dong?Masa naik ojek sie?Gimana di sekolah nanti kalau temen aku tau.
Ibu : alung alung,kamu tuh gimana sih sekolah dket ko pake mobil segala?Terus uang yang kemarin ibu kasih kemana?Ini baru awal bulan ko sudah habis?
Alung : itu kan beda uangnya mam,yaudah deh terserah mau beliin bensin atau ngga,yang jelas aku minta uang sekarang(dengan suara lantang)
Ibu : apa kamu gak malu sama bonang?Dian stiap hari cuma jalan kaki ke kampus,dan bisa menabung gak kaya kamu.(sambil menatap bonang)
Alung : kenapa aku mesti disamaain sama dia sih mam?Dia itu beda!Dia itu cupu,kolot,semua yang diomongin disekolah gatau ketinggalan terus
Ibu : terus kalau yg kamu sbutin tadi adlah kebanggan dia,dan membuat dia berhasil gimana?
Alung : ah terserah!Capek ngomong trus aku mau berangkat aja(sambil membanting pintu)
Ibu : lihat itu kakak kamu ,selalu aja begiu,andai dia tau bagaimana cara ibu mencari uang untuk kamu dan kakak kamu sekolah
Bonang : suatu saat nanti dia akan sadar ko bu,banyak hidayah yang dia dapat nanti ,sekarang aku berangkat dulu yah bu,asalammualaikum(sambil mencim tangan ibunya)

Sesampainya dikampus alung dan bonang tiba pada waktu yang sama tapi alung datang bersama vina

alung : heh!ko lo barengan sama gue datengnya ,naik paan lo?
bonang : daerah kita kan banyak jalan kecil yang bisa kita lewati tanpa harus naik mobil lung.(dengan nanda halus)
vina : yaelah lung biasa aja kali,cuman masalah dateng aja ko ribut banget sih

kiki,nadia dan farel adalah teman akrab alung yang selalu mengejek alung ketka kepergok bersama bonang.

nadia : cie bonang adek kaka tumben akur,ga takut mobil luntur tuh
N,K,F : hahahaha(dengan nada puas)
alung : apaan sih, gue dateng lebih dulu dari pada dia.diem ja deh.gue tahu lo smua pada laper.sekarang mending kekantin mau gue teraktir ga?
kiki : asik-asik emang bang bos paling top deh,ngalir mulu tuh duitnya,kita keasyikan deh,hahaha
farel : eh eh gpp bags kali,gue seneng malah,hahah duit gue utuh bisa jalan sma nadia lagi ya'ga,hahah
nadia : apaan sih lo rel,males banget deh(dengan muka yang arogan)

mereka pun pergi kekantin dan meninggalkan bonang


bonang : yang aku tau,alung uangnya udah habis,dan tadi pagi dia marah-marah minta uang.terus itu uang dari mana?hhm mungkin uang dia yang ke sisa
vina : iya betul mungkin itu uang sisa,kan di keluarga gak ada yang merasa kehilangan kan?
bonang : ngga sih,yaudh itu kita bahas aja nanti ya.hehe

pelajaran pun berjalan ,setiap pelajaran berganti bonang selalu dilempari kertas oleh alung,nadia,kiki,farel.

farel : eh nang ,tau gak semalem bola siapa yang menang?
bonang : yah saya gak tau ,semalem gak bisa nonton habis jam 9 udah tidur rel.
farel : ah tidur apa belajar mulu?sampe gede tuh jidat lo isi hafalan semua,hahah
vina : bilang aja rel lo emang ngeledek kan?udah deh gak usah iseng lo
nadia : apaan sih ini cewe nyari muka banget

bonang hanya bisa tersenyum terpaksa meski iya merasa sakit hati.setelah pulang kuliah,anak-anak pun pulang kampus menuju rumah masing-masing.dan sesampainya di rumah bonang dateng lebih dahulu dari pada alung

bonang : asalammualikum mah,aku udah sampe rumah
ibu : walaikum salam,nang kamu lihat uang mamah gak?mamah taro dilemari tadi,tapi ko sekarang gag ada yah?
bonang : astaga,ko bisa?jumlahnya berapa mah?
ibu : ada 5 juta,ibu bingung ada dimana,padahal itu uang satu-satunya buat sekolah kalian 2 bulan(sambil kebingungan)
bonang : tadi pagi aku lihat alung teraktir temen-temennya,aku kira dia dapet uang lebih,tapi aku bukan mau nuduh juga,kenapa mamah gak tanya alung?
ibu : oh iya bener,yaudah mamah telepo dulu ya.(sambil memmegang hp)hah,alung ko gak bisa di hubungin ya,dia kemana sih.
bonang : yaudah bu kita tunggu sampe sore aja

ternyata selama alung tidak pulang dia pergi menyewa vila milik kiki

alung : ki gpp nih kita disini smape malem?aman gak tuh mobil?
kiki : yaelah lung aman-aman tenang aja kali
farel : tau lo norak banget sih,jaman sekarang mana ada maling sih

mereka menghabiskan waktu selama 4 jam dengan minum minuman dan pergi dari vila menuju rumah


nadia : lung lo bisa nyetir kan?
alung : ia bisa lah,ni kn mobil gue.

selama diperjalanan mereka berjalan baru setengah jam,lalu kiki mengeluh karena ingin buang air kecil

kiki : lung lung,berhenti di pom bensin dong gue mau pipis nie hhe
alung : bentar-bentar,noh ada pom bensin

mobil mereka pun parkirdi tempat pom bensin yang jarang dilewati kendaraan

farel : aduh,kiki ko lama banget sih
alung : biasa lah cewe bersihbersih dulu sambil dandan rel haha

tiba-tiba dari belakang ada 2 orang lelaki yang menghampiri mobil mereka,dengan muka tertutup dan baju hitam-hitam

penjahat 1 : heh urun loh!
alung : apa apaan nih,ini mobil gue,mau apa lo?
farel : eh jangan macem-macem lo
penjahat 2 : ah kebanyakan cincong lo tarik bos(mereka menyeret farel dan alung keluar dan membawa kabur mobil)
farel : lung lung gimana noh mobil lo,cepet telpon polisi(sambil tergesah-gesah)
alung : gimana mau telpon,hp gue ada di mobil
farel : yah,terus gimana lung?
alung : sialaaaaaan! bilang apa gue sma nyokap,mana hp sama uang di mobil semua lagi.
kiki : eh lo berdua kenapa?
nadia : mobil mana lung?
alung : dibawa labur sama maling!
kiki : yah,gue gak ikut-ikutan yah,gue telpon bokap deh minta jemput
farel : eh eh gue sama nadia nebeng yah,besok gue pergi juga nih
alung : gue juga ya ki?
kiki : yah,mobil gue kan sedan mana cukup,sorry ya lung
alung : ah kampret lo,giliran susah aja lo gak ada yang bisa bantu(sambil jalan pergi mencari kendaraan)

kiki,nadia,dan farel pun sudah dalm perjalanan pulang, tetapi alung masih mencari kendaraan sampai akhirnya dia menaiki truck yang melewati arah rumahnya

alung : kenapa sih,kenapa gue sial!harus ngomong apa nie sama nyokap?mending masih di anggap anak

sesampainya dirumah alung hanya bisa tersipu malu kepada ibunya

ibu : alung astaga kamu dari mana aja nak?udah jam segini kenapa baru pulang?mobil kamu mana?
alung : aku tadi kevila kiki mah,terus mobilnya di bawa sma maling,maafin aku ya,aku tahu aku salah tapi jangan usir aku,aku juga mau ngaku tadi aku ambil uang mamah,tapi demi tuhan aku hilaf mah
ibu : yasudah lah yang lalu biarlah berlalu ini pelajaran ya buat kamu,atas semua kejadian yang terjadi.kamu harus nisa bersikap seperti bonang
alung : iya alung janji,mulai sekarang bakaln nerubah sikap.dan alung juga mau minta maaf sama bonang selama ini udah ngeremehin bonang, dan ngejek.maaf ya nang?
bonang : yaudah gpp ko lung,alhamdulilah kalau kamu sekarang sudah sadar.aku juga sudah maafin sebelumnya

alung pun terkesan atas perkataan bonang,sungguh tulus dan mulia hati saudaranya,dia pun berfikir lebih baik besikap sedrhana tapi di banggakan orang tua dari pada harus di manfaatkan teman


keesokan harinya dikampus


kiki : widih tumben berangkat bareng,eh sory yah lung yang kemarin
farel : iya maaf ya kemarin ita ninggalin lo,eheh gue laper nie
alung : maaf doang mah gampang tapi sakit hati ngga!emang kenapa kalu gue bareng ada yang salah?laper?makan lah ga dikasih suit lo sama emak!
nadia : yaampun lung lo marah banget ya?farel sama kiki cuma bercanda kali,lagi tumben-tumben banget lo bareng dia
bonang : emang ada yang slah ya nad?
alung : tau lo,emang salah gue saudaranya kali.makan tuh temen salah nilai gue selama ini sama lo semua,dan sekarang awas aja sampe ada yang ganguin bonang,tuh orang harus berurusan sma gue!

semua orang kaget dan terkejut atas perbuatan Alung,namun dari semua itu orang yang biasa di perlakukan tidak sopan merasa bahagia atas perubahan alung.dan demikian kisah persaudaraan antara Alung dan Bonang.

dalam kisah ini,dapat kita pelajari bahwa sesunguhnya memaksakan kehendak dan melebihi segala hal yang kita miliki hanya kebahagiaan sementara.Tetapi tali persaudaraan lebih penting dan lebih mulia jika kita jaga dalam keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar